Senin, 25 Mei 2015

Penerapan CD multimedia interaktif sebagai media publikasi

 
                                                
 
 
Merupakan istilah untuk menyebut aplikasi multimedia interaktif yang didistribusikan serta dijalankan di komputer dengan cara memasukkan CD/DVD kedalam CD/DVDROM, umumnya aplikasi akan secara otomatis berjalan setelah CD/DVDdimasukkan kedalam tray CD/DVD ROM (Autorun/Autoplay).

Aplikasi Multimedia interaktif adalah media publikasi digital yang relatif masih baru dibandingkan media publikasi cetak. Multimedia interaktif mempunyai banyak sekali kelebihan dibandingkan media cetak dalam hal efisiensi dan efektifitas penyampaian informasi. Multimedia interaktif mampu menggabungkan berbagai jenis data digital sehingga sebuah informasi dapat disampaikan secara efektif dengan konsep entertainment. Sebagai software publikasi, selain media CD atau DVD, multimedia interaktif dapat didistribusikan secara fleksibel menggunakan berbagai media seperti flaskdisk, MMC Card, SDcard, Bluetooth smartphone, email maupun websharing.

Dalam hal pemilihan media distribusi, sebaiknya disesuaikan dengan ukuran file aplikasi, dan sebaliknya, sebelum kita memutuskan untuk membuat sebuah aplikasi multimedia interaktif, kita sudah menentukan terlebih dahulu cara distribusi dan kegunaannya. Jika kita ingin mendistribusikan aplikasi ini melalui email atau web share, tentu kita harus mempertimbangkan ukuran file aplikasi agar kesulitan untuk kita upload ke attachment serta tidak memberatkan klien saat akan didownload.

Selain itu kita juga harus mempertimbangkan kecepatan internet rata-rata pengguna internet di Indonesia terutama klien-klien kita yang akan kita kirimi aplikasi.Jangan sampai aplikasi yang kita kirim, susah didownload atau waktu download yang lama oleh penerima hanya karena ukuran file aplikasi terlalu besar.

Penerapan CD multimedia interaktif sebagai media publikasi antara lain :
  1. CD Business Card
  2. CD Katalog produk dan jasa (souvenir untuk pameran, workshop)
  3. CD epaper / emagazine
  4. CD Brosur digital interaktif
  5. CD Interaktif Profil Perusahaan
  6. CD Profil Band
  7. CD interaktif Personal profil
  8. CD interaktif Annual Report
  9. CD Presentasi multimedia (workshop, seminar, marketing, dll)
  10. CD interactive Slide Show
  11. CD Pendukung Informasi (dalam Buku, Seminar Kit, dll)
  12. CD Simulasi Event atau Produk
  13. CD interaktif pembelajaran sekolah
  14. CD interaktif tutorial keahlian
  15. CD interaktif profil daerah (selain sebagai media promosi dapat juga sebagai souvenir informasi bagi tamu pemerintah daerah)
  16. CD interaktif laporan Proyek
  17. CD interaktif lembaga pemerintahan
  18. Corporate event invitation (distribusi via email)
  19. Wedding invitation
  20. Greeting Card (distribusi via email)
  21. Dan lain-lain.


Kelebihan CD Multimedia Interaktif sebagai media publikasi digital :

A. Dunia komersial dan umum :
  1. Sebagai media promosi dan publikasi digital dan saling melengkapi dengan  website.
  2. Mengarahkan pelanggan ke website resmi untuk update informasi untuk secara persuasif.
  3. Kemampuannya mengintegrasikan beragam jenis file multimedia sehingga memberikan visualisasi yang representatif, menyenangkan, rileks namun kaya informasi.
  4. Menyuguhkan informasi realistik kepada pelanggan yang tidak dapat diberikan media publikasi konvensional seperti, video riil alur proses produksi, video alur prosedur layanan dan lai-lain.
  5. Memberi rasa percaya diri dalam menyuguhkan informasi kaitannya dalam hal berpromosi, kegiatan pameran maupun kegiatan-kegiatan marketing.
  6. Salah satu media yang tepat untuk mengangkat citra perusahaan atau dalam aktivitas promosi
  7. Memberi kesan high tech, canggih dan mengikuti perkembangan tehnologi.
  8. Memberikan rasa kepada pelanggan lebih personal dan impresif.
  9. Dapat difungsikan sebagai souvenir resmi perusahaan, souvenir daerah, souvenir pameran, atau untuk dibagikan ke pelanggan setia untuk mengetahui informasi tentang perusahaan.
  10. Sebagai CD pendukung untuk memperjelas isi buku, dan lain-lain.

B. Dunia pendidikan :
  1. Bagi pelajar dapat menjadi media pengenalan perangkat teknologi informasi dan komunikasi kepada siswa.
  2. Memberikan pengalaman baru dan menyenangkan baik bagi guru maupun siswa.
  3. Mengejar ketertinggalan akan pengetahuan tentang Iptek di bidang pendidikan.
  4. Pemanfaatan multimedia dapat membangkitkan motivasi belajar para pembelajar, karena adanya multimedia membuat presentasi pembelajaran menjadi lebih menarik.
  5. Membantu guru dalam menjelaskan konsep-konsep yang bersifat abstrak. Dengan kata lain dapat membantu dalam mengatasi keterbatasan media pembelajaran
  6. Menghadirkan visualisasi objek yang sulit atau terlalu mahal jika dihadirkan dalam ruang kelas seperti ruang angkasa, proses pergerakan lempeng bumi dan lain-lain.
  7. Multimedia dapat digunakan untuk membantu pembelajar membentuk model mental yang akan memudahkannya memahami suatu konsep.
  8. Media dapat menambah pengayaan dalam belajar.
  9. Media dapat menunjukkan hubungan-hubungan.
  10. Media dapat menyajikan pengalaman-pengalaman yang tidak dapat ditunjukkan oleh guru.
  11. Dapat membantu belajar perorangan (mandiri), dapat diulang dimanapun dan kapanpun.

Kelebihan multimedia interaktif ditinjau dari bentuknya sebagai media digital :
  1. Mudah didistribusikan melalui jalur fileshare, website dan email (Online).
  2. Pengiriman dapat melalui jasa pos, kurir maupun copy paste antar media penyimpan (Offline).
  3. Bentuk yang praktis, elegan, tahan lama dan fleksibel dalam penyimpanan (dapat disimpan di web hosting dengan link yang dapat didownload kapan saja).
  4. Penggandaan sangat cepat dibanding media cetak
  5. Biaya penggandaan sangat murah dibanding media cetak.
  6. Penggandaan dapat dilakukan sendiri dengan berbekal PC rumahan dan laptop tanpa batasan minimum order.
  7. Dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar